Tips Merawat Mesin Cuci di Rumah

Posted by boenes on Friday, May 3, 2013

Mesin Cuci adalah sebuah alat yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga para ibu. Fungsinya sebagai alat untuk mencuci baju dirasakan sangat bermanfaat karena mencuci baju merupakan pekerjaan yang menguras banyak tenaga. Mesin cuci biasanya dilengkapi dengan Mesin Pengering yang berfungsi sebagai alat pengering setelah dicuci, sehingga pakaian dapat langsung kering tanpa perlu dijemur.

merawat mesin cuci
Manfaat mesin cuci sangat vital bagi para ibu rumah dalam meringankan pekerjaan rumah. Jika mesin cuci mengalami kerusakan, pasti si ibu merasa kewalahan karena tidak dapat mencuci. Oleh karena itu perlunya menjaga dan merawat mesin cuci agar tetap awet, sehingga dapat digunakan setiap saat. Berikut ini beberapa tips merawat mesin cuci di rumah agar tetap awet :
  • Periksa kantung baju atau celana sebelum dimasukkan kedalam mesin cuci. Hal ini untuk mencegah benda keras yang masuk ke dalam dan dapat merusak mesin cuci.
  • Letakkan mesin cuci pada tempat yang terhindar dari panas / hujan secara langsung yang dapat cepat membuat bagian luar mesin cuci.
  • Jangan membuka tutup mesin cuci pada saat mesin berjalan, karena dapat merusak mesin dikarenakan dapat berhenti mendadak bila tutupnya dibuka.
  • Jangan memasukan pakaian yang melebihi daya tampung mesin cuci, karena hal ini dapat membuat kerja motor mesin menjadi bekerja lebih berat dan mudah membuatnya rusak.
  • Gunakan detergen khusus untuk mesin cuci, karena lebih bersahabat dan mengoptimalkan kinerja mesin cuci.
  • Perhatikan penggunaan air, jangan sampai air terlalu sedikit karena akan membuat mesin terlalu berat untuk bergerak karena kekurangan air.
  • Letakkan mesin cuci dilantai yang rata, agar mesin cuci tidak bergetar atau bergeser karena getaran mesin.
  • Bersihkan saluran masuknya air, hal ini penting untuk rumah yang memiliki sumber air yang tidak terlalu bagus. Biasanya pada saluran masuknya air akan terdapat lumut dan kotoran. Hindari masuknya air ke dalam panel pengaturan, hal ini untuk mencegah terjadinya konsleting.
Dengan mengetahui cara merawat mesin cuci yang tepat akan membuat mesin cuci menjadi awet dan dapat digunakan pada saat dibutuhkan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment