Tips Dapur Bersih dan Sehat

Posted by boenes on Friday, May 3, 2013

Dapur merupakan salah satu bagian terpenting dalam rumah dan biasanya menjadi daerah favorit banyak ibu rumah tangga. Sebagai tempat mengolah makanan, kebersihan dapur sangatlah harus diperhatikan. Hal ini bertujuan selain untuk menghasilkan masakan yang lezat dan sekaligus higienis. Dapur Minimalis lebih membutuhkan perhatian untuk kebersihan dan kesehatannya. Dapur Minimalis merupakan dapur yang memanfaatkan ruangan yang tidak terlalu besar untuk dapat dimanfaatkan untuk segala kegiatan di dapur sehingga kebersihannya harus selalu di jaga.

dapur bersih
Kebersihan dapur harus dijaga setiap saat untuk menjaga setiap masakan dan makanan yang diolah menjadi sehat. Ini tergantung juga pada merk peralatan dapur dan juga peralatan rumah tangga pada saat membeli peralatan dapur dan rumah tangga. Namun untuk menjadikan dapur bersih dan sehat, diperlukan pengetahuan tentang beberapa jenis dan fungsi peralatan dapur, sehingga pemilik rumah akan mudah merawat peralatan dapur dan juga peralatan rumah miliknya. Untuk itu, berikut ini beberapa tips dapur bersih dan sehat :
  • Kebersihan peralatan dan perlengkapan masak. kebersihan peralatan dan perlengkapan memasak adalah hal yang penting untuk menciptakan dapur yang bersih dan sehat. Pastikan selalu membersihkan peralatan masak setelah digunakan, hal ini untuk menjaga agar tetap bersih. Kebersihan tempat mencuci piring juga harus diperhatikan, karena banyak sisa sampah maupun makanan yang dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri sumber penyakit.
  • Bahan Material dapur seperti untuk dinding atau lantai perlu diperhatikan. Pilihlah bahan yang sudah dibersihkan seperti keramik, hal ini untuk memudahkan kita dalam membersihkan kotoran seperti percikan air atau minyak pada saat memasak.
  • Sirkulasi udara yang baik diperlukan agar dapur menjadi bau. sirkulasi udara yang lancer berguna untuk membuang asap dihasilkan dari proses memasak serta gas racun yang dihasilkan dari proses pembakaran atau kompor gas. Sebaiknya dapur tempat memasak memiliki ventilasi udara atau jendela yang sebagai sarana sirkulasi udara, apabila tidak terdapat jendela dapat menggunakan cooker hood ( yang dipasang diatas tempat memasak ) yang berfungsi menyedot udara hasil proses memasak dan menggantinya dengan udara yang bersih.
  • Kelembaban dapur harus diperhatikan, karena banyak bakteri, kecoa, tikus, yang sering menempati tempat lembab. Oleh karena pencahayaan terutama sinar matahari sangat diperlukan untuk menjaga dapur agar tetap tidak lembab.
Itulah beberapa tips untuk menjaga dapur agar tetap bersih dan sehat. Dapur bersih salah satu awal dari kesehatan keluarga.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment