Sejarah Kartu Kredit

Posted by boenes on Monday, May 20, 2013

Siapa yang tak kenal kartu kredit ? Kini kartu kredit dapat dengan mudah didapatkan. Kartu kredit sering kali dipergunakan untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa membutuhkan uang tunai.  Kartu kredit alat sebuah alat pembayaran yang dikeluarkan atau yang diterbitkan oleh lembaga keuangan seperti bank. Nantinya pemegang kartu kredit akan membayar tagihan kepada penerbit kartu kredit atas semua biaya yang telah dibelanjakan pemilik.

sejarah kartu kredit
Sejarah Kartu Kredit awalnya digunakan di Amerika pada tahun 1920 dan digunakan untuk beberapa tempat pengisian bahan bakar ( SPBU ) dan beberapa departemen store dimana berupa kartu anggota. Pada perkembangannya, kartu kredit mulai diperkenalkan pada tahun 1946 oleh John Biggins seorangang bankir dari Flatbush National Bank of Brooklyn salah bank di Amerika. Kartu pertama yang pertama kali diperkenalkan adalah " Charge-It ". Charge-it adalah kartu yang dikeluarkan bank untuk nasabah untuk digunakan di merchant-merchant ( nasabah bank ).

Tahun 1950, Frank McNamara ( pemilik Dinner Club ) mengeluarkan sebuah kartu kredit yang bernama " Dinner Club ". Pemegang kartu dapat menggunakan kartu dinner club di restoran sehingga mempermudah untuk pembayarannya. Pihak restoran nantinya akan menagih kepada pihak Dinner Club dan pemilik kartu membayar ke pada Dinner Club.

Untuk kartu kredit modern pertama kali dikeluarkan oleh American Express pada tahun 1958 dengan nama AMEX. Diikuti Bank of America dengan kartu Bank Americard yang hingga kini dikenal dengan VISA. Bank of America kembali mengeluarkan kartu kredit pada tahun 1960 dengan kartu Master Card.

Hingga kini perkembangan kartu kredit terus berkembang. Di Indonesia kartu kredit pertama kali dikeluarkan oleh Bank Duta yang bekerja sama dengan VISA dan Master Card dan biasanya hanya digunakan oleh golongan orang kaya yang biasa bepergian keluar negeri. Kini kartu kredit dapat dengan mudah diperoleh sesuai dengan jenismya. Kini banyak penerbit kartu kredit seperti bank-bank yang menawarkan dengan mudah untuk pembuatan kartu kredit.

Kartu kredit sebagai alat pembayaran yang memudahkan kita dalam bertransaksi. Namun jangan sampai terlena dan bablas dalam berbelanja karena kemudahannya. Karena nanti dipastikan kita akan terbebani oleh tagihan kartu kredit. Bijak dalam menggunakan kartu kredit dapat menahan tagihan yang bengkak setiap bulannya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment