Apa Itu Genset ?

Posted by boenes on Wednesday, April 17, 2013

Sewa Genset kini menjadi poluler saat ini, keadaan pasokan listrik yang tidak dapat dipastikan membuat banyak orang banyak memerlukan genset untuk memenuhi kebutuhan akan listrik. Namun apakah kita mengetahui apa itu genset ? Genset merupakan singkatan yang berasal dari kata Generator Set. Genset adalah perangkat yang menghasilkan daya listrik. mengapa disebut perangkat ? pada dasarnya genset terbagi dari dua bagian yaitu engine / mesin dan generator. Engine / mesin berfungsi sebagai mesin pemutar dan generator sebagai pembangkit listrik.

genset
Kebanyakan mesin genset yang ada menggunakan mesin diesel yang berbahan bakar solar, mesin berbahan bakar bensin ataupun baerbahan bakar gas tergantung kebutuhan. Sedangkan untuk generator adalah kumpulan kumparan atau gulungan tembaga yang terdiri dari kumparan statis dan kumparan beputar.

Cara Kerja Genset

Generator adalah sebuah mesin yang menghasilkan listrik yang berasal dari perubahan tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Genset menggunakan energi mekanik untuk menggerakkan muatan listrik dalam kawat gulungan melalui sebuah sirkuit listrik eksternal. Aliran muatan listrik merupakan arus keluaran listrik dipasok oleh generator.

Kini genset telah banyak digunakan dirumah-rumah untuk memenuhi kebutuhan listrik pada saat mati lampu. Bukan hanya di pabrik, gedung atau rumah sakit saja yang kono menggunakan genset untuk sumber tenaga listrik cadangan. Keberadaan genset dirasakan saat bermanfaat ketika seringnya mati lampu dan belum jelasnya pasokan listrik dari PLN.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment