Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Posted by boenes on Friday, February 10, 2017

Air Conditioner atau dikenal dengan nama AC mobil merupakan sebuah komponen di dalam mobil, yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan ketika jendela mobil sengaja ditutup agar terhindar dari polusi maupun cuaca panas. Biasanya, untuk menghasilkan udara dingin semua komponen yang terdapat pada AC mobil ini, akan bekerja secara bersamaan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Terkadang, saat komponen yang ada pada AC mobil ini melakukan pekerjaannya, banyak diantara komponen ini yang mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan AC mobil tidak dingin. Apabila AC mobil tidak dingin, tentu saja kamu yang berada di dalam mobil pun akan kepanasan. Tidak hanya itu saja, jika komponen maupun AC mobil ini rusak, belum tentu asuransi mobil All Risk akan memperbaikinya dan mengganti dengan yang baru. Apalagi, jika kerusakan ini akibat pemilik mobil tidak merawat AC mobil dengan cara yang tepat.

Selain itu, ternyata banyak penyebab loh kenapa AC mobil ini tidak mampu mendinginkan ruangan pada mobilmu. Berikut beberapa diantaranya:
1. Mengisi Oli berlebihan. Ketika mengisi oli pada Kompresor, pernah gak kamu mengisinya secara berlebihan? Jika, ya! Mulai dari sekarang kamu harus berhati-hati dengan cara ini. Mengapa? Yup, adanya pengisian oli yang sangat berlebihan pada Kompresor akan menjadikan AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin, yang akan membuat mobil semakin panas.
2. Kompresor bermasalah. Di dalam komponen yang bernama Kompresor ini, biasanya terdapat komponen-komponen kecil yang menjalankan kompresi kepada Freon menuju ke Kondensor. Pada saat komponen kecil ini bermasalah, akan menyebabkan semua komponen pada AC tidak bekerja dengan maksimal. Sehingga, sirkulasi udara di AC mobil pun akan terhambat, yang membuat aliran udara yang dikeluarkan tidak beraturan. 
3. Fanbelt pada mobil putus. Putusnya fanbelt pada mobil yang digunakan untuk mengalirkan putaran ke Kompresor, ternyata bisa membuat AC yang terdapat pada mobil tidak dingin seperti biasanya. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya sirkulasi Freon yang akan dialirkan ke Kompresor, yang memicu AC hanya mengeluarkan angin.
4. Tidak terdapat Freon. Freon adalah salah satu komponen yang membuat AC mobil menjadi dingin. Jika Freon ini tidak terdapat pada mobil maupun habis, bisa dipastikan AC mobil akan menghasilkan uap panas dan tidak akan pernah dingin.
5. Kondensor mobil kotor. Kondensor sendiri difungsikan untuk menurunkan suhu bertekanan tinggi pada Kompresor AC, sehingga komponen yang satu ini harus selalu bersih. Apabila komponen ini tidak bersih dan ditutupi oleh kotoran yang membandel, maka akan menyebabkan kinerja AC semakin menurun. Jika sudah begini tentu saja AC mobil pun tidak akan dingin seperti sediakala.

Nah, bagaimana? Kamu menemukan beberapa penyebab yang ada di atas pada saat memperbaiki AC mobil? –SH–

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment