Mengecat Pagar yang Sudah Berkarat

Posted by boenes on Tuesday, February 16, 2016

Menjelang hari raya, setiap orang pastinya ingin menampilkan kesan yang menarik dalam hunian mereka. Untuk itu, tidak mengherankan jika setiap tuan rumah rela sibuk untuk mendandani rumah mereka ketika hari raya semakin dekat. Mulai dari menyulap interior, mengubah seluruh furniturnya, hingga mempercantik tampilan eksterior rumah. Pagar, yang menjadi elemen penting di eksterior rumah, tentunya tidak ketinggalan. Bagi beberapa orang yang punya dana berlebih, mengganti keseluruhan pagar yang tadinya terbuat dari besi menjadi beton dan juga sebaliknya adalah hal yang mungkin. Tidak mengherankan pula jika harga pagar panel beton dan material pagar lainnya menjadi meningkat pada beberapa hari besar.

Nah, jika Anda tidak punya dana berlebih namun tetap ingin mendapatkan pagar yang cantik, Anda bisa lho mendandani tampilan pagar Anda. Meski pagar besi milik Anda sudah berkarat, bukan berarti Anda harus menggantinya dengan yang baru. Ada trik tersendiri yang bisa membuat pagar Anda menjadi cantik seperti baru. Caranya? Simak dalam artikel berikut ini!

  1. Ambil ampelas dengan kombinasi pasir berukuran sedang atau medium grit. Gosok ampelas dengan perlahan pada permukaan yang terkena karat. Bersihkan juga keseluruhan pagar dari bekas cat yang menempel. Anda juga bisa menggunakan sikat kawat untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dikenai oleh ampelas. Setelah selesai, jangan lupa bersihkan sisa-sisa ampelas yang menempel di permukaan pagar.
  2. Semprot atau oleskan lapisan anti karat pada pagar. Lapisan ini banyak dijual di pasaran dan bahkan tersedia dalam bentuk campuran cat. Namun jika Anda tidak menemukan cat yang dilengkapi dengan anti karat, maka Anda bisa melapisi permukaan pagar dengan lapisan anti karat sebelum mulai mengecatnya.
  3. Beli cat yang mengandung lapisan anti karat. Ketika hendak mengecat, sediakan koran untuk menjaga agar tetesan cat tidak melebar ke mana-mana. Hamparan koran ini akan sangat membantu jika Anda memutuskan untuk mengecat pagar seorang diri tanpa bantuan profesional. Selain itu, pastikan bahwa Anda telah menghindarkan pagar dari furnitur lain untuk mengurangi percikan cat yang melekat di badan furnitur.
  4. Mulailah mengecat dari bagian atas ke bawah. Awali proses mengecat dengan cat khusus anti karat, kemudian setelah selesai barulah mengecat dengan eksterior.
Selamat mencoba!

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment