Beragam Pilihan Atap Untuk Rumah Impian

Posted by boenes on Wednesday, July 12, 2017

Bagi kamu yang tinggal di apartment mega kuningan tentu tidak perlu berpikir mengenai atap rumah yang akan digunakan. Sebab gedung bertingkat memiliki konstruksi yang berbeda dengan rumah biasa, dan semuanya telah diatur oleh developer apartemen. Namun, untuk kamu yang saa ini sedang berencana untuk membangun rumah impianmu, tentu saja memilih atap yang tepat tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebab tidak hanya berkaitan dengan keindahan saja, tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan penghuni di dalamnya.

Mungkin selama ini kamu hanya tahu bahwa atap terbuat dari tanah liat saja. Padahal, tidak seperti itu loh. Masih banyak sekali jenis atap yang belum kamu ketahui, diantaranya yaitu:
  • Atap Tanah liat

Ini adalah jenis yang paling umum digunakan sejak dulu hingga sekarang. Atap ini berwarna merah dan dipasang secara bersusun menumpuk. Kelebihan atap ini yaitu kuat, tahan lama, dan murah. Namun, jika atap ini tidak dilapisi cat anti air maka atap ini mudah berjamur. Selain itu, pemasangannya juga membutuhkan ketelitian tingkat tinggi agar tidak terjadi kebocoran.
  • Atap beton

Bentuknya ada yang menyerupai atap tanah liat, namun ada juga yang sedikit berbeda. Tergantung dari cetakan yang digunakan. Terbuat dari beton, sehingga memiliki berat yang lebih daripada atap tanah liat. Tahan terhadap  perubahan cuaca yang ekstrim namun harganya relatif mahal.
  • Atap keramik

Bahan utama pembuatnya adalah keramik dan tanah liat, namun kemudian dilapisi dengan pewarna glatzur. Inilah yang membuat atap ini terlihat lebih mengkilap dan cantik. Memiliki kekuatan yang lebih daripada atap beton dan atap tanah liat, namun harganya lebih mahal. Proses pemasangannya juga tidak mudah.
  • Atap aspal

Atap ini terbuat dari aspal dengan campuran berbagai bahan kimia lainnya. Atap ini lebih ringan dibandingkan dengan atap keramik, namun lebih berat dibandingkan dengan atap tanah liat ataupun beton. Harganya cukup mahal, dan proses pemasangannya juga tidak mudah.
  • Atap kaca

Atap ini terbuat dari kaca transparan, dan seringnya digunakan hanya pada beberapa bagian atap rumah saja. Misalnya kamu menggunakan atap tanah liat, maka kamu bisa memadukannya dengan atap kaca pada bagian tertentu dimana kamu ingin cahaya matahari dapat langsung masuk. Kelebihannya, dapat membuat kamu menghemat listrik karena mendapatkan penerangan alami, namun akan meningkatkan suhu ruangan ketika matahari sedang bersinar terik. Selain itu, atap kaca ini juga mudah pecah. Jadi pastikan kamu memilih kaca yang cukup tebal demi keamanan.
  • Atap cor beton

Atap cor beton saat ini mulai banyak digunakan khususnya untuk rumah dengan konsep minimalis atau bagi yang ingin memiliki ruang bersantai di atap. Atap ini cukup kuat, namun membutuhkan pondasi yang sangat kuat juga karena harus mampu menopang beratnya. Jika pondasi tidak mampu, maka bisa menyebabkan munculnya keretakan pada bagian dinding rumah.
Nah, jadi atap mana yang menjadi pilihan untuk rumah impianmu? (Vita)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment