Toilet Emas di Guggenheim Museum

Posted by boenes on Thursday, October 13, 2016

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata Guggenheim Museum? Arsiteknya yang mengagumkan? Ya, museum yang berada di New York ini memang selalu menjadi incaran para turis dan juga arsitek dunia untuk mengagumi model bangunannya. Tidak mengherankan jika Guggenheim Museum selalu menjadi kiblat arsitektur dari para perancang dunia untuk dijadikan inspirasi. Hasilnya bisa dilihat dari berbagai bangunan properti dunia, bahkan properti Indonesia yang mengadaptasi gaya bangunannya. Arsitek yang merancang museum ini, yakni Frank Llyod Wright, membutuhkan waktu sekitar enam belas tahun untuk membuat Guggenheim Museum menjadi semegah sekarang.

Namun, Guggenheim tidak hanya sebatas bangunan menarik dengan visualisasi yang futuristik. Sebab, di salah satu kamar mandi yang ada di dalam Guggenheim Museum, terdapat toilet yang terbuat dari emas murni dengan kandungan 18 karat. Dan kabar baiknya, toilet ini bisa dipakai oleh masyarakat umum dan juga pengunjung! Toilet emas ini merupakan salah satu bagian dari pameran yang dibuka sejak pertengahan September.

Seniman yang bertanggung jawab atas pembuatan toilet emas ini adalah Maurizio Cattelan. Maurizio membuat toilet ini sedemikian rupa dengan model yang mirip dengan toilet pada umumnya, namun dengan material emas. Ia memasangnya pada kamar mandi yang berada di dekat tangga melingkar Guggenheim Museum. Seorang petugas akan berdiri di dekat pintu masuk akan dengan senang hati menjawab pertanyaan pengunjung seputar instalasi seni tersebut dan memperbolehkan mereka mencobanya satu persatu.

Menurut pengurus Guggenheim Museum, tujuan dari pameran ini adalah untuk membuat masyarakat luas merasakan kemewahan dari toilet emas ini. Maurizio selaku seniman yang membuat juga menambahkan bahwa sekarang ini, akses menuju ekslusivitas dan juga kemegahan tidak bisa dinikmati oleh masyarakat umum dan hanya 1% saja dari sekian banyaknya.

Meski toilet ini dipergunakan untuk umum, jangan khawatir soal kebersihannya. Sebab, pihak museum selalu menerapkan pembersihan setiap 15 menit sekali sebelum dibuka untuk umum.
Toilet yang terbuat dari emas ini memang bukan satu-satunya di dunia. Sebelumnya, ada pula toilet yang dihargai sebesar $94,480 karena dihiasi dengan Swarovski dan juga Hang Fung Gold Toilet yang dihargai 5 million.

Tertarik untuk mencobanya?

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment