Nyaman Berkendara dengan Motor Saat Hujan

Posted by boenes on Monday, September 19, 2016

Akhir-akhir ini, hujan sering turun tanpa diduga-duga di kawasan ibukota. Bagi Anda yang bekerja di Jakarta dan mengendarai motor sebagai alat mobilitas, kondisi ini tentunya sangat merugikan sekali, ya! Sebab, hujan identik dengan macet dan pastinya basah! Menyebalkan sekali dong ketika sudah rapi dari rumah dan sampai kawasan perkantoran hujan turun dengan derasnya. Duh, basah deh. Dan bukan hanya itu saja, hujan juga bisa mendatangkan kecelakaan jika Anda tidak berhati-hati dalam mengendarainya. Meski sudah mendaftarkan kendaraan pada asuransi kendaraan bermotor, bukan berarti Anda bisa sembarangan ketika mengemudi, bukan?

Nah, agar Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman ketika hujan, yuk ikuti tips di bawah ini:

  1. Selalu periksa kondisi kelayakan motor. Ingat, ketika musim hujan, kondisi jalanan tidak bisa diprediksi dan berbeda dari biasanya. Pastikan kondisi alur ban masih tebal dan tidak botak untuk mencegah selip di jalanan yang licin, rem depan dan belakang masih bekerja dengan maksimal (pakem), kedua lampu menyala dengan baik, dan selalu simpan peralatan bengkel (kunci inggris, obeng, tang) di bagasi motor.
  2. Sedia payung sebelum hujan. Berhubung kalau naik motor tidak bisa pakai payung, maka bersiaplah untuk selalu membawa jas hujan dan sepatu boot just in case. Siapa tahu hujan turun deras dan juga banjir, maka Anda sudah siap menghadapinya! Jas hujan untuk menutupi baju kerja Anda dan sepatu boot untuk melindungi sepatu kerja Anda dari terjangan hujan.
  3. Pertahankan laju kendaraan. Selalu berkendara dengan kecepatan yang konstan dan stabil; jangan terlalu lambat karena akan mengganggu kendaraan di belakang Anda namun juga jangan terlalu cepat karena bisa menyebabkan selip roda karena jalan licin.
  4. Jika hujan sudah terlampau deras dan mengganggu jarak pandang Anda, segeralah berhenti dan jangan memaksa untuk terus berkendara. Terlebih lagi jika saking derasnya hujan, jalanan di depan Anda sudah terlihat. Berhentilah di tempat yang aman dan tunggu hingga reda. Jangan lupa pilih-pilih tempat untuk berhenti. Hindari berhenti di bawah pohon tinggi atau di kolong jembatan karena justru akan merugikan Anda.

Itu dia beberapa tips dari kami. Jadi, jika nanti sore hujan turun saat pulang kantor, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas, ya! :D

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment