Mengintip Rancangan Ruang Kendali Moscow

Posted by boenes on Tuesday, December 1, 2015

Apa yang biasanya Anda pertimbangkan atau jadikan referensi saat akan merenovasi atau membangun rumah baru? Apakah hanya mempertimbangkan untuk membangun rumah untuk persiapan musim hujan saja? Menggunakan konsep tradisional dengan penggunaan furniture kayu jati? Ataukah membangun rumah dengan konsep unik mengikuti rancangan pusat kontrol sebuah negara? Untuk yang terakhir ini, pasti belum banyak yang mencoba melakukannya. Bahkan, mungkin Anda juga belum banyak tahu seperti apakah bentuk dan desain ruang pusat kontrol ini.

Well, seluruh pertanyaan Anda akan terjawab dalam artikel berikut ini. Sebab baru-baru ini, sebuah rumah arsitektur asal Moscow baru saja merilis rancangan konsep untuk ruang pusat kendali di Rusia.

Adalah Arch Group yang membuat rancangan konsep bernama Emercom. Rancangan ini dibuat khusus untuk Kementerian Situasi Darurat Rusia-bagian dari pemerintahan yang bertugas untuk menanggapi bencana alam, penyelamatan, dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya, para arsitek dari Arch Group membuat rancangan ruang kendali yang akan difungsikan sebagai ruang untuk menghadapi situasi darurat di Rusia. Emercom hadir dengan ruang nan futuristik dengan kubah yang tinggi dengan kursi-kursi yang bisa dikendalikan. Bangunan ini juga dilengkapi dengan sistem yang bisa memunculkan garis besar informasi data, peta, dan juga foto-foto di tempat kejadian.

Begitu memasuki ruang Emercom, Anda akan dihadapkan dengan layar putih melengkung yang dipenuhi dengan gambar peta rusia. Puluhan ruang kerja yang berbentuk kubikel melingkar diletakkan di depan layar. Di situlah para pengendali bekerja. Mereka akan ditempatkan pada sebuah ruang kerja yang berbentuk kendaraan, dengan sebuah kursi dan kaca tipis yang mengelilinginya. Meski tipis, ruang kaca ini sangat kedap suara hingga Anda tidak bisa berbincang dengan pekerja yang duduk di sebelah kubikel Anda. Untuk berbincang pun Anda harus menggunakan fitur video call atau video conference sebagai penyambungnya. Namun demikian, meski kedap suara dan kesulitan untuk berkomunikasi, ruang kubikel ini dilengkapi juga dengan pendingin ruangan yang bisa disesuaikan sendiri. Ruang kacanya pun bisa dibuka dan ditutup sesuka hati.

Emercom bukanlah proyek pertama yang dikerjakan oleh Arch Group untuk pemerintah. Sebelumnya, rumah arsitektur ini juga merancang ruang kontrol listrik di Moskow. Tertarik untuk melihat ruang kontrol ini? Bersabarlah menunggu hingga rancangan ini diwujudkan dalam bentuk nyata!

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment