Tips Membeli Gitar Bekas Berkualitas

Posted by boenes on Tuesday, March 17, 2015

Membeli gitar bekas biasanya menjadi alternatif bagi seseorang untuk mendapatkan gitar namun dengan kocek yang terbatas. Bila kita jeli saat mengunjungi toko yang jual gitar bekas, kita juga bisa, kok, mendapatkan gitar bekas yang berkualitas dengan harga murah. Bila beruntung kita bahkan bisa mendapatkan gitar limited edition yang dijual dengan harga murah karena pemilik sebelumnya sedang membutuhkan dana cepat. 

memilih gitar bekas
Namun, memilih gitar bekas dengan kualitas yang masih bagus memang tidaklah begitu mudah. Apalagi bila kita masih pemula atau belum berpengalaman dalam bermain gitar. Nah, agar tidak salah dalam memilih gitar second ini, berikut beberapa tips yang bisa membantu, di antaranya:
  • Cari info tentang harga. Sebelum mulai melakukan negosiasi harga, sebaiknya carilah informasi mengenai harga gitar yang hendak dibeli, baik harga baru maupun harga bekasnya.
  • Tanyakan mengenai kondisi gitar tersebut, berapa umurnyam berapa lama si pemilik lama telah memilikinya, serta bagaimana gitar tersebut dimainkan, apakah hanya dipakai sesekali ataukah sering digunakan.
  • Periksa gitar dengan seksama. Cek gitar secara menyeluruh, periksa apakah terdapat kerusakan yang parah. Tidak perlu khawatir dengan kerusakan seperti goresan kecil karena biasanya tidak akan mempengaruhi kualitas gitar. Namun waspadalah dengan kerusakan berupa karat yang terdapat pada bagian yang menahan senar gitar, fret bars, atau knob di kepala gitar. 
  • Periksa bagian leher gitar. Bagian leher gitar merupakan bagian yang sangat penting. Pastikan leher gitar ini lurus dan tidak terlihat bekas kerusakan apapun. Cek apakah terdapat bekas retakan pada bagian yang menyambungkan leher dengan body gitar dan kepala gitar. Sebaiknya urungkan niat untuk membeli bila ditemukan retakan pada tempat tersebut.
  • Coba mainkan dan dengar suara yang dihasilkan. Bila kita mendengar ada suara aneh, coba pastikan apakah suara itu disebabkan oleh senar yang tidak disetting dengan baik, atau karena terdapat kerusakan pada fretboardnya.
  • Pastikan kita merasa nyaman saat memainkannya. Beberapa gitar memiliki ukuran fretboard yang lebih besar, sehingga bagi kita yang memiliki ukuran tangan kecil mungkin akan merasa sedikit kesulitan dan tidak nyaman saat memainkannya. 
  • Jangan hanya memiliki satu pilihan. Sabar dan tidak perlu untuk langsung membeli gitar pertama yang kita lihat. Apalagi bila setelah mencobanya kita masih ragu, sebaiknya carilah pilihan alternatif lain. Setelah itu coba bandingkan dan pilihlah yang terbaik.
Selamat berburu gitar bekas berkualitas. (raw)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment